Savior kali ini adalah Founder nya DOGMA INC. yang dimana saya ngefans banget sama produk dan copywriting nya. Adalah Dj_Nixxx yang sudah berkiprah hampir sepuluh tahun kayaknya. Ngakunya sih dari 2005, mari kita serap ilmunya yuk. Sebelum
membahas "konsep brand", ada baiknya mengerti terlebih dahulu
mengenai prolog-nya. Kenapa harus ada konsep? kenapa brand penting? proses
branding itu dll seperti apa? Ane share secara singkat aja ya.
Secara
sederhana orang mengenal brand dari tampilan logo, packaging, produk dan
atmosfer toko (kalau sudah berbentuk toko). Tapi sebenarnya definisi brand
lebih dari sekedar apa yang kelihatan oleh mata, dalam hal ini dirasakan oleh
indera yang lain. "Products are made in the factory, but brands are
created in mind" kalau kata Walter Langdon (pioneer of branding). Sengaja
ane ulang lagi biar ngeh hehe. Sementara Adamson menjelaskan brand itu adalah
"Something that exists in your head. It's an image or a feeling. It's
based on associations that get stirred up when a brand's name is
mentioned." Rata-rata brand besar seperti Nike, Vans, Macbeth, Deus Ex
Machina, Stussy, dll punya konsep branding yang jelas dan rata-rata pembelinya
adalah personal yang mempunyai keterikatan akan produk mereka. Jadi disini,
brand harus punya karakter yang jelas.Mereka harus tau apa yang mereka buat,
apa yang mereka tawarkan dan tentunya harus relevan dengan apa yang dimau oleh
konsumen.
Prinsip
dasar dari suatu brand biasanya adalah sebagai berikut:
- Nama brand berikut logo
- Produk
- Packaging atau display
- Iklan atau promosi
- Reputasi brand dan sikapnya (contoh minus: brand A bagus tapi kalau ditanya ini itu ga pernah dijawab)
Sebaiknya
ga usah dijelasin panjang lebar ya. Kalau mau buat brand, lambat laun harus
mengerti akan 5 hal tersebut.
Itu dasar.
Kita
langsung loncat aja ke purpose of branding. Kegunaan branding yaitu memberikan
pemahaman yang jelas akan identitas si brand tersebut. Jadi kalau sampai
sekarang ada yang bilang "titip jual di goods dept yuk! kan bagus buat
branding". Tet tot. Itu branding-nya goods dept (yang kalau dijelaskan,
pasti masing-masing punya impresi positif tersendiri akan karakter goods dept
which is "cool", "hype", "cutting edge" dll), jadi
jangan dicampur adukan dengan branding si merk yang ada disana.
Branding
pada hakikatnya harus memberikan nilai lebih akan nilai dari suatu produk.
Misalkan ente beli sepatu Vans ori diskon jadi 300rb sekalipun, tetep ngerasa
bangga kan? Meskipun nantinya udah robek, udah belel-belel ga jelas, masih
ngerasa bangga dan sayang kan sama sepatu ente? Nah itu gunanya branding.
Karena pada
tahapan yang kompleks, branding menciptakan ikatan emosional antara konsumen
dan brand itu sendiri. Konsumen yang merasa puas akan dengan senang hati merasa
terikat dengan brand tersebut. Puas akan produknya, service yang diberikan, dan
konsumen juga merasa kalau produk yang mereka beli itu relevan dengan kehidupan
mereka sehari-hari
Trust atau
kepercayaan juga adalah satu hal yang penting dalam branding. Kalau konsumen
sudah merasa nyaman, mereka menjadi percaya dan loyal. Jadi penting untuk brand
menjadi konsisten, sekali lagi, konsisten dan terus memberikan value dan
komunikasi yang baik ke konsumen.
Berikutnya,
keberlanjutan adalah hal yang mutlak.Karena konsumen merasa perlu produk yang
lebih fresh pada setiap season-nya. Jadi meskipun fashion adalah hal yang
berulang. Tema, warna, material mungkin bisa mirip atau sedikit berbeda pada
setiap season-nya, pesan dari branding tersebut harus tetap dalam koridor yang
dinamakan -> konsisten. Sekali ente buat yang dibawah perkiraan, konsumen
pasti ngerasa "kok sekarang kualitasnya begini ya, tapi harganya makin
mahal?".
Branding is essentially about building a relationship between consumer and brand.
Sampai
disini, sedikit banyak udah mengerti ya? Kalau belum mudeng ya gpp, bisa
diulang dari awal hehe.
Secara
ringkas, target dan tujuan dari branding adalah:
1.
Menambahkan value
2.
Menciptakan komunikasi/ keterikatan/ koneksi
3.
Menggerakan emosional
4.
Memberikan kepercayaan diri
5.
Membangun loyalitas
6. Dipakai
sebagai gimmick agar bisa menjual premium (ohh ini jadi urutan pertama buat
sebagian local "premium" brand)
Nah, elemen
yang penting dari branding sebenarnya adalah membangun dan menstabilkan apa
yang disebut "brand identity' atau identitas brand atau konsep brand. Ini
inti pertanyaan ente mengenai konsep brand itu seperti apa.
Brand identity> brand image > brand essence > brand values > brand personality
Satu-persatu
musti di break down dan dimengerti biar benar-benar paham akan "konsep
brand" itu apa sih sebenarnya.
Tapi
mudah-mudahan cukup ya penjelasannya. Anggap aja sebagai perkenalan untuk
belajar tentang konsep brand. Karena branding adalah denyut kehidupan brand dan ini adalah proses yang
terus berlanjut,berulang dan berevolusi.
Kalau masih
bingung juga? Gampang. Banyak kok literatur atau buku yang membahas tentang
branding, khususnya dalam hal fashion. Buku yang dimaksud jarang di toko buku?
Tenang, ada Amazon hehe. Demikian penjelasan singkat ane, yang ane pelajari
berulang-ulang dari Harriet Posner.
Semoga
membantu ya!