POLOSKAOS1

Kaos Polos, Sablon Satuan, dan Informasi Fashion, Kaos, Baju, Kemeja, Jaket, dan Tips Seputar Fashion dan Review tentang Lifestyle.

Wednesday, December 31, 2014

5 Manfaat Baking Soda untuk Pecinta Kucing

Ada joke yang dibuat bule tapi bagus juga kalo beneran, yaitu National Baking Soda Day! Sudah pada tau baking soda kan ya. Baking soda itu gunanya gak hanya berguna pas bikin kue aja. Salah satu kegunaan baking soda lainnya buat memutihkan gigi. Selain itu, banyak kegunaan lain, terutama kalo berhadapan sama yang namanya pet alias binatang peliharaan, seperti kucing dan anjing, tapi kali ini saya fokuskan ke kucing aja biar enyak :3 Selamat menikmati 5 manfaat baking soda untuk pecinta kucing/yang memelihara kucing!


1. Membersihkan mainan kucing

Mainan kucing (ato yang kalian pikir itu adalah mainan kucing :v) seakan-akan diwajibkan kotor. Tahu gak sih, kalo mainan kucing ini bisa dibersihkan dengan gampang menggunakan baking soda. Larutkan empat sendok makan baking soda dalam satu liter air hangat untuk mencuci mainan kucing kalian. Untuk jenis mainan yang berbulu -yang tidak seharusnya basah kena air-, percikkan baking soda ke mainan berbulu tadi dan biarkan selama + 15 menit. Kemudian, hilangkan baking sodanya dengan cara digosok-gosok atau disikat.

2. Membuat karpet dan permadani kalian terkesan baru lagi

Sudah rahasia umum kalo kucing sukanya di tempat semacam karpet. Terus kotor. Taburkan baking soda pada karpet kering dan biarkan sekitar 15 menit. Kemudian karpet nya di vacuum. Perlu dicatat kalo hasilnya akan lebih maksimal ketika kucingmu ada di ruangan lain ketika membersihkan karpet, karena beberapa kucing yang melihat langsung ada yang gak suka dengan suara vacuum dan kakinya membuat taburan baking soda ke mana-mana.
NOTE: teknik ini juga dapat diaplikasikan untuk tempat tidur si mpus.

3. Membersihkan tempat-tempat yang kurang beruntung

Kadang-kadang kucing menggunakan tempat lain di seantero rumah seakan-akan itu adalah litter box (tempat buang air dan pup) daripada litter box sebenarnya yang sudah disediakan. So pasti, ada bau-bau khas yang membekas. Kalau kucingmu pipis di karpet (ouch), siapkan cuka bening, hidrogen peroksida, sabun cuci tangan cair, daaan baking soda. Gunakan tisu untuk menandai TKP (jangan digosok-gosok) untuk menyerap kelembaban berlebih. Tuangkan air dan cuka secukupnya di area tadi. Tungguin sampe kering. Ketika sudah kering, taburkan baking soda. Dengan sabun cuci tangan cair dan hidrogen peroksida (perbandingan 1:4), gosok pelan-pelan di TKP dengan sikat gigi bekas ato terserah deh punyanya apa. Ketika kering, silakan divacuum :D

4. Kucing VS Sigung

Kalo kucingmu termasuk kucing outdoor, yakali aja ketemu sama sigung terus baunya.... iyuh. Mandiin aja kucingmu. Alat mandinya pastikan terdapat ¼ gelas baking soda, setiap 1 liter, 3% nya adalah hidrogen peroksida, dan 1 sendok teh sabun cuci tangan cair.

5. Fresh Litter Box!

Nah, yang satu ini favorit saya. Karena saat ini lagi bener-bener butuh. Lagi-lagi sebuah rahasia umum kalau litter box itu BAU dan bisa malu-maluin pas ada tamu mendadak, tapi kita gak sempet jaim untuk bersihin. Untuk membantu agar litter box kucing tetap segar, tutupi bagian bawahnya (diratain gitu) sama baking soda secukupnya. Kan biasanya bagian bawahnya biasanya yang paling bau tuh karena kotoran apa aja (terutama pipisnya) ngumpul disitu. Pokoknya lapisan yang paling bawah ya baking soda, baru diisi pasir kucing/litter/pasir zeolit/dll. Setelah itu, taburkan baking soda lagi sebagai lapisan teratasnya. Yang ini ada video nya juga, bisa disimak disini.

Capek nulisnya :v saya sebagai lifestyle reviewer cuma mau berbagi yang menurut saya bermanfaat selama itu masih nyerempet-nyerempet lifestyle. Jadi gapapa kan nulis diluar kaos polos, biar ga bosen dan #basibroo

Inspirasi artikel dan testimoni biar ga dikira hoax
Back To Top