-->

POLOSKAOS1

Kaos Polos, Sablon Satuan, dan Informasi Fashion, Kaos, Baju, Kemeja, Jaket, dan Tips Seputar Fashion dan Review tentang Lifestyle.

Saturday, April 15, 2017

LG Watch Sport vs. Samsung Gear S3

LG baru aja merilis smartwatch setelah keluar Android Wear 2.0. Tapi yang mana yang lebih bagus dan powerful, apakah LG Watch Sport atau rival terdekatnya, Samsung Gear S3? Berikut review lengkapnya.

Ukuran




LG Watch Sport tergolong smartwatch dengan ukuran lumayan besar, tapi kalo secara proporsi lebih cukupan punya Gear S3.

Material




Kedua smartwatch punya bodi stainless steel, hanya saja Watch Sport menggunakan plastik di bagian belakang (yang bersentuhan langsung dengan pergelangan tangan).

Warna




LG Watch Sport memiliki dua opsi warna yaitu titanium dan biru tua. Gear S3 edisi Classic (yang di gambar) tersedia dalam warna silver, sedangkan Gear S3 edisi Frontier berwarna abu-abu. Ya ga beda jauh, anggaplah satu (keluarga) warna.

Kompatibilitas dengan Android




Keduanya bisa dihubungkan dengan smartphone Android.

Kompatibilitas dengan iOS




Tidak seperti waktu smartwatch baru sekali, saat ini smartwatch Samsung dan Google sudah kompatibel dengan baik dengan iPhone.

Ukuran layar




Kedua smartwatch kan tergolong cukup besar nih ukurannya. LG Watch Sport memiliki rasio screen-to-front-face yang lebih baik plus layar yang lebih besar 13%.

Resolusi layar




Watch Sport memiliki resolusi yang tergolong HD untuk sebuah layar smartwatch, yakni memiliki 25% pixel density lebih besar daripada Gear S3 yang sebenarnya juga sudah bagus/tajam.

Jenis layar




Watch Sport menggunakan teknologi display P-OLED (Plastic OLED), sedangkan Gear S3 menggunakan panel AMOLED.

Material layar




Keduanya menggunakan Gorilla Glass, walaupun berbeda. Samsung menggunakan versi Gorilla Glass SR+ yang lebih baru dan lebih difokuskan untuk wearable, sedangkan LG masih keukeuh dengan Gorilla Glass 3.

Scrolling input




LG Watch Sport mengadopsi teknologi Digital Crown milik Apple Watch —yang dinamakan rotating power button oleh mereka. Walau scrolling bezel milik Gear S3 tidak njiplak-njiplak punya Apple banget, tapi masih berkonsep sama dengan peletakan berbeda.

Selain originalitas yang patut dipertanyakan, ya jujur lebih enak scrolling pake teknologi ini sih daripada berulang kali nge-swipe touchscreen (walau masih bisa pake cara ini kok kalau mau).


GPS




Kedua smartwatch sudah dilengkapi dengan GPS sehingga kita bisa melacak lokasi tanpa bantuan smartphone yang di-pair.

Ketahanan air




Kedua smartwatch memiliki kemampuan tahan air (water resistance) IP68, yang berarti keduanya bisa bertahan di dalam air hingga sedalam 1,5 meter selama 30 menit. Tapi, jangan dipakai renang lah, biar lebih awet gitu jadinya hehe.

Baterai




LG Watch Sport memiliki kapasitas baterai yang lebih besar (tapi resolusi layar yang lebih besar juga yang otomatis memakan daya lebih).

Sensor detak jantung




Masing-masing smartwatch bisa mencatat denyut nadi kita.

Strap yang bisa diganti




Band atau strap pada Gear S3 bisa kita ganti-ganti selama itu masih berukuran 22 mm. Kalau Watch Sport sih gak bisa diganti strap-nya, soalnya di dalam strap terdapat antena.

Kontrol suara




Komparasi voice control bisa jadi menghasilkan perbedaan yang lumayan drastis. LG Watch Sport menggunakan teknologi Google Assistant, AI yang sama dengan smartphone Pixel. Kalau S Voice punya Samsung sih kayak KW-nya Siri.

Mobile payments




Kedua smartwatch memungkinkan kita melakukan pembayaran "hanya bermodal pergelangan tangan". Gear S3 dengan Samsung Pay lebih diunggulkan karena kompatibel dengan hampir semua reader kartu kredit.

App store bawaan




Pada Gear S3, kita harus menginstall apps smartwatch dengan bantuan smartphone (pairing smartwatch dengan smartphone diperlukan). Dengan Android Wear 2.0, smartwatch seperti Watch Sport memiliki Google Play Store mereka sendiri sehingga kita bisa install apps langsung tanpa bantuan smartphone.

Touch keyboard




Kalau kamu merasa aneh harus bicara ke pergelangan tanganmu untuk memerintah smartwatch, kamu bisa kok menggunakan keyboard atau opsi handwriting.

Software




Android Wear 2.0 versus Tizen OS milik Samsung.

Rilis




LG Watch Sport terbilang gres karena baru rilis Februari lalu, sedangkan Gear S3 sudah ndeprok di rak toko sejak November tahun lalu.

Harga




Harga retailnya $350, yakni sekitar Rp4,65 juta. Kamu bisa beli online, offline, baik langsung lunas maupun cicil dulu.
Back To Top