Adijackfrozt:
Halo agan-agan sekalian, ane mau sedikit curhat nih tentang
pengalaman ane beli produk clothing dalam negeri (soalnya gak mampu beli yg
luar negeri hehehe)
Ane beli hoodie udah 2 kali gan, dan semuanya itu barang
distro dari brand clothing yg sudah bisa dibilang besar. bisa dibilang kisah
dari kedua hoodie ini cukup mengecewakan gan (padahal ane suka banget sama
model & warna hoodie ini).
hoodie pertama ane beli di salah satu dedengkot distro di
jogja. merk hoodie yg ane beli inisialnya E S, ane udah demen banget sama hoodie
itu jadinya ane beli.. belum ada sebulan ane punya hoodie itu ternyata
resletingnya udah rusak terpaksa ane
ganti ke penjahit langganan ane..
hoodie yg kedua ane beli Januari kemaren. sebenernya ane
cuma nenemin temen ane beli kaos, tapi tanpa sengaja pandangan ane lgsg tertuju
ke hoodie warna biru dari clothing line bandung inisial S yg keliatannya keren
banget.. niat cuma nemenin eh tapi ane malah ikut beli juga tp sebelum dibeli ane cek dulu resletingnya
pake apa (ane trauma gan sama hoodie pertama ane) Ternyata pake resleting YKK.
okedeh resletingnya terpercaya
bungkuuusss...
kisah sedih datang lagi gan, tapi kali ini bukan pada
resletingnya. kesedihan tertuju pada bahan kain sweaternya gan. baru sekitar 2
bulan dipake (pemakaian normal, buat ke kampus) ternyata kainnya udah
mbradul/belel.. duh kenapa nasib ane kaya ginii??
Yang jadi pertanyaan ane apakah clothing2 di Indonesia
(khususnya yg udah punya nama gede) itu gak ada pengontrol standar kualitasnya?
sampe2 ane sbg konsumen kena sial 2 kali di 2 brand yg berbeda..
maap gan kalo misalnya ane lancang. ane bicara dr sisi
konsumen gan. semoga cerita ane bisa diambil hikmahnya utk temen2 clothing yg
masih baru ataupun yg udah gede.. hidup produk lokal!!
Yost:
Ada yg
bilang kalo pake YKK cuma penariknya doang dan talinya gak pake YKK
bakal gak awet itu BETUL. karena zipper system itu terdiri dari 2 bagian yaitu
(1) slider (atau penarik/gagang/puller) dan (2)tali-nya itu sendiri. Jadi, kalo
mau awet, ya 22nya harus dari YKK (kalo mau pakai YKK). Tapi sebenernya zipper
bagus itu gak cuma YKK doang, banyak banget diluaran sana, kaya RIRI, TALON,
UNIVERSAL etc (cuma minusnya ini susah di dapet di Indo).
Ada yg
komen YKK gak semua bagus? YKK semuanya bagus, selama si owner brand ngarti
pemakaian produk yang benar. YKK range produknya bejibun, dan masing2 punya
spesialisasi tersendiri. Wajar aja misalnya si brand tersebut pakai zipper dan
tape (tali) dari YKK asli tp salah penggunaan. Misalnya itu untuk tas, tp
dipakai ke hoodie, ya alhasil gak akan bertahan lama
Nah, terus
yg lebih kacau lg ada yg gak tau (si owner brand) kalo dia pakai YKK kawe.
AFAIK, YKK asli tuh di slidernya selain ada logo YKK, dia ada kode produksi
(tiap jenis produk,tiap tempat produksi dan market akan beda kode-nya). Dan YKK
kawe itu sebagian besar cuma branding YKK doang, gak ada kode. Walaupun pake
code (sejauh ini blm nemu YKK kawe pake kode) kodenya ngasal. Nah kl udh begini
gimana dong ngindarinnya?
Kalo buat
customer, gampang. Kalo di produk tsb pake YKK tp gak pake kode, ya
pertimbangin baik2 untuk beli, karena bisa aja itu gak pake YKK asli.
Buat owner
brand, sebenernya simpel, selalu beli YKK di distributor YKK resmi. banyak kok
di indonesia. Lebih mahal emang iya pasti, tp kualitas nomer satu, kalo produk
kalian bagus dan berkualitas, harga nomer dua kan
Jd buat
agan2,mengenai zipper khusunya YKK sedikit banyak udh bs dihindari ya.
Kesimpulannya dari gue, buat customer, jadilah customer yg cerdas.
Buat owner
brand, kalo sampe ada yg baru tau atau sengaja (ini lbh parah sih !) pake
material kawe, there's no excuse lah buat kita sebagai owner brand menjadikan
ketidak tahuan kita sebagai alasan. Sebagai owner brand, kita sudah diwajibkan
untuk tahu gk ada pngecualian. Karena itu salah satu dari sekian banyak yg
ngebedain kita denga customer kita. kalo pengetahuan asal2an tp nekat bikin
brand, kasian buyer brand dia dong karena produknya gak maksimal.
So...
Jadi, balik
lagi ke masalah kualitas. Kita sebagai brand owner harus hati hati, karena kita
bertanggung jawab untuk kebaikan atau keburukan produk kita. Mau itu
penyebabnya dari kekurangan material yg di pakai (contohnya YKK di atas)
ataupun dari kualitas pengerjaan vendor, kita sebagai brand owner gak boleh dan
gak sepantasnya menyalahkan pihak lain ketika produk kita ada yang mengkritik.
Karena semua hal di atas sepenuhnya di dalam kuasa kita ( itulah kenapa kita
harusmelakukan research sebanyak mungkin ttg produk yg kita tekuni). Kita juga
memiliki kuasa untuk TAHU tentang apa yg kita buat, secara menyeluruh. Kita
punya kuasa untuk memilih vendor mana yg berkualitas dan memastikan pekerjaan
mereka sesuai dengan yg kita harapkan. Begitu juga dengan hal2 kecil lainnya.
Karena ketika produk kita cacat produksi karena ulah vendor yg tidak hati2 dan
produk tersebut sudah sampai ke tangan vendor, kita tidak bisa menyalahkan
vendor. Karena pada akhirnya yang dirugikan adalah customer kita. Dan buat saya
yang selalu mencoba melakukan yg terbaik dengan prinsip customer oriented, hal
tersebut tidak bisa diterima. Jadi persiapan memegang peran penting disini.
Selain itu,
peran krusial seorang brand owner juga adalah formulasi branding. Disini kita
punya kuassa untuk menetapkan sejauh mana ekspektasi calon customer terhadap
produk kita (dengan branding). Karena kekecewaan terjadi karena adanya ketidak
sesuaian ekspektasi dengan kenyataan. Jadi kebijakan branding kita juga
sebaiknya dipertimbangkan matang matang.