POLOSKAOS1

Kaos Polos, Sablon Satuan, dan Informasi Fashion, Kaos, Baju, Kemeja, Jaket, dan Tips Seputar Fashion dan Review tentang Lifestyle.

Saturday, April 11, 2015

Pengorbanan untuk Memulai Brand Fashion Sendiri - Part 1b:Desain

Setelah melakukan pengambilan keputusan untuk brand mu (BACA Pengorbanan untuk Memulai Brand Fashion Sendiri - Part 1a: Pengambilan Keputusan), selanjutnya adalah berkutat dengan desain sebelum kita memulai produksi. Meskipun menyewa desainer untuk bikin clothing design sekaligus website nya adalah opsi yang logis, pemandangan yang biasa ditemui di brand pada stage awal adalah semua hal pada dasarnya bisa dilakukan bermodal ketekunan dan sedikit bantuan dari teman.

Zaman digital berarti ada segunung informasi dalam ujung jarimu dan kita punya fasilitas untuk terhubung dengan jumlah orang yang sejalan. Menurut trend yang sedang berjalan, kerjaan mendesain itu kelar di rumah dan bukan outsource ke yang profesional. Juga, di jalan menuju sukses lebih enak kalo melewatinya dengan passion dan mencintai apa yang dipercaya (keputusan yang diambil itu lho).



Cost ketika menyewa desainer untuk clothing dan website mu?

G Philibert
Kalo soal ini sih bergantung banget sama situasi. Saya punya 3 desainer dalam tim, 2 desainer junior dan 1 koordinator desain. Semuanya dapat bagian uang yang sama. Sekitar 1 tahun yang lalu, salah satunya kerja di saya setelah 2 tahun berjuang bikin brand sendiri. Website nya dikerjakan web design company, jadi saya gak mempekerjakan karyawan untuk ngurusi web.

Tim & Dan Joo
Cost nya ditentukan berdasarkan apa yang kamu butuhkan dan seberapa jauh kamu bisa melakukannya sendiri, terutama di fase awal dimana kamu hampir harus mengerjakan semuanya. Gimana kamu bisa peka untuk menjual dirimu dan skillmu dan skill orang-orang di jaringanmu? Background nya Dan adalah di web development, sedangkan Tim di desain. Untuk branding, kami mengajak temen baik, Gino Reyes, untuk jadi partner kami sekaligus brand director. 
Karena kami tahu kekuatan kami dimana, ya jadinya kami bisa bikin tim yang baik. Tapi hal yang paling penting adalah fokus dan kamu tahu pasti visi dan misi untuk perusahaanmu itu apa. Bakalan lebih gampang kedepannya untuk planning ketika kamu tahu persis yang kamu mau.

Ouigi Theodore
Menjalankan brand itu mahal banget. Desainer full time sih secara normal bukan pilihan utama untuk brand kecil (start-up). Bertahun-tahun, kami kerja dengan freelancer, dan kemudian baru mempekerjakan full atau part time design assistant yang ingin belajar bisnis di bidang desain. Jadi bisa sama-sama belajar.

Terrence Kim
Untuk sekarang, semua desain dikerjakan kakak saya dan saya sendiri, plus orang-orang magang yang terbentuk jadi tim kecil. Untungnya, kami berhasil nemu orang-orang hebat yang percaya pada brand dan gabung sama kami untuk dapat pengalaman sebagai orang pertama dan bisa menambahkan ide-ide kreatif mereka sendiri ke perusahaan.
Untuk website, banyak banget platform seperti Shopify dan Squarespace yang memungkinkan kamu bikin situs bagus untuk brand kamu dengan biaya yang relatif murah. Kami memulai pake basic plan nya Shopify beberapa tahun lalu dan sekarang kami dalam proses bikin website baru tanpa platform Shopify. Online store pertama kami berhasil kami buat dalam 2 jam saja dan habis $49/bulan.

Brandon Svarc
Saya nge desain sendiri. Juga, kami punya pattern-maker yang kerja full time dan kerjaannya ajib dimana doi udah bikin pattern jeans yang ajib selama lebih dari 30 tahun. Website pertama kami gak mahal; simpel, menyenangkan, dan rada nyentrik. Bayangin, di halaman fit guide, kamu bisa melorotin celana model yang ada di situ, dan orang-orang pada suka! lol



Rav Matharu
Saya nge desain semuanya. Bikin sampel nya, cari bahan nya, dan kadang-kadang bagian ngirim juga... sebagai bisnis baru, vital hukumnya untuk meminimalisir pengeluaran dan bisa bikin garmen dari awal sampe akhir bener-bener membantu. Full time team ya cuma saya dan si Parv. Jadinya, kami juga ngelakuin kerjaan-kerjaan yang gak glamor juga.

Benny Gold
Banyak banget hidden cost dalam bikin perusahaan/brand. Jangan lupakan pajak karyawan dan gaji! Semakin brand nya berkembang, pajaknya juga pasti ikutan ngembang. Semuanya lebih simpel ketika saya cuma butuh menghidupi saya seorang, tapi efeknya saya juga gak dapetin banyak peluang-peluang keren dan memperkaya hubungan/jaringan yang sekarang saya lakukan sehingga bisa tumbuh berkembang dan dewasa sebagai brand.

L. Chandler
Cost bakal selalu berubah - hal penting dalam membangun project apapun adalah tidak membuat komitmen dengan sesuatu yang dapat membahayakan kesuksesan bisnis. Banyak yang dapat dilakukan sendiri dan dengan bantuan dari temen-temen. Kami sangat beruntung karena punya jaringan yang kuat - model, fotografer, studio, desainer grafis, artists... 
Ini tentang punya banyak akal. Belajar leveraging opportunities (memanfaatkan kesempatan yang ada sebaik mungkin). Jika kita lagi ada di situasi waktu gak bisa mbayar lebih (bahkan semacam ngutang atau bayar pas-pasan) seseorang, maka kita bisa returning the favor dengan cara merekomendasikan mereka di project lain. Networking and maintaining them, is the key.

Sexy credit to Arby Li :* thank you! 
Back To Top