POLOSKAOS1

Kaos Polos, Sablon Satuan, dan Informasi Fashion, Kaos, Baju, Kemeja, Jaket, dan Tips Seputar Fashion dan Review tentang Lifestyle.

Thursday, February 26, 2015

Perbedaan Jogger Pants / Celana Jogger dan Sweatpants / Celana Training

Jogger pants, celana dengan karet elastis di bagian pinggang dan tumit ini masih dipandang sebagai salah satu trend di 2015. Wadezig! termasuk yang pertama merilis jenis celana ini di kota Bandung dan mereka menamainya dengan chogger (chino jogger). Kehadiran celana ini terinsipirasi dari sweatpants yang sudah sangat familiar dan umum digunakan, kita mengenalnya sebagai celana training.

Selang waktu berlalu, kepopuleran jogger pants melebihi sweatpants, dan kini orang awam (dan online shop yang awam -jangan salah, banyak orang asal jualan tanpa tahu asal usulnya seperti apa) cenderung menyebut sweatpants dengan sebutan celana jogger. Tidak salah memang, karena apabila dilihat dari bentuk keduanya memang mirip, tetapi dalam beberapa hal mereka memiliki perbedaan, segi fungsi salah satunya.

Bagaimana membedakan jogger pants dan sweatpants? 


Mudah saja.
lihat material apa yang digunakan, apabila celana tersebut berbahan twill atau canvas itu merupakan jogger pants. Berbeda dengan sweatpants, celana ini biasanya memiliki bahan fleece, sama seperti material pada sweater.



Dari segi fungsi, keduanya akan menampilkan kesan berbeda ketika dikenakan. Jogger pants cocok digunakan ketika berkegiatan formal maupun kasual, untuk acara sangat formal sekalipun celana ini masih bisa dipadukan dengan kemeja dan sepatu pantofel. Apabila ingin sedikit semi formal, padukan saja dengan polo shirt, kaos, atau jaket.




Sedangkan sweatpants hanya bisa digunakan untuk kegiatan kasual saja, terlebih bagi yang ingin menampilkan kesan sporty. Kelebihan sweatpants yang tidak dimiliki jogger pants yaitu, sweatpants bisa digunakan untuk olah raga seperti jogging atau nge-gym. Hal tersebut bisa didapatkan berkat bahan fleece yang lentur, memungkinkan untuk mengikuti setiap gerakan olah raga. Hal lainnya bahan fleece mudah menyerap keringat, dalam kedaan berkeringat bahan fleece tetap nyaman digunakan.

Kesamaan keduanya, sweatpants maupun jogger pants sama-sama dibuat untuk lebih menonjolkan sneakers yang dipakai. Dengan bagian tumit celana yang mengerucut dan memiliki karet elastis membuat sneakers memiliki porsi lebih ketika digunakan. Jadi, sangat tidak disarankan apabila kamu menggunakan jogger atau sweatpants tetapi tidak memperhatikan sepatu yang digunakan, itu merupakan kesalahan besar! Tapi tidak semua sweatpants memiliki cuff/karet di bagian bawah celana... jadi harusnya sweatpants sendiri juga ada jenisnya lagi :v #bodoamat

Masih bingung? Ah masa...

Reblogged dengan perubahan semena-mena dari sini
Back To Top