POLOSKAOS1

Kaos Polos, Sablon Satuan, dan Informasi Fashion, Kaos, Baju, Kemeja, Jaket, dan Tips Seputar Fashion dan Review tentang Lifestyle.

Thursday, February 26, 2015

Fashion Item Unisex: Bucket Hat

Kelupaan, ternyata belum pernah ngebahas fashion item yang satu ini, bucket hat. Secara harfiah berarti topi ember #janganditirucaranerjemahinnya

Topi berjenis bucket hat sedang menjadi trend di kalangan anak muda. Entah siapa yang memulai, tetapi kini sering ditemukan pria maupun wanita gahol menggunakan topi ini dalam berbagai macam kesempatan. Sebenarnya, bucket hat sudah hadir sejak lama namun keberadaannya kalah pamor dibandingkan topi berjenis trucker dan snapback, sebelum akhirnya booming beberapa waktu kebelakang. Kini bucket hat mulai dipandang sebagai salah satu fashion item yang wajib dimiliki. Tetapi apakah kamu tahu asal mula topi ini?



Bucket hat disebut juga dengan crusher hat atau fisherman hat, merupakan topi yang tipikal dibuat dari bahan kanvas atau denim dengan brim yang miring ke bawah. Topi ini mempunyai desain khusus, yaitu dua buah lubang kecil yang dilapisi bahan metal yang berfungsi untuk pertukaran udara di dalam topi. Standarnya sih begitu, tapi sekarang pasti sudah dimodifikasi.

Pada awalnya topi ini dibuat khusus untuk olahraga dan sekedar melindungi dari panasnya matahari. Bucket hat diperkenalkan mulai pada tahun 1900-an dan mulai dipakai sebagai fashion items pada tahun 60-an, yang biasanya dipakai oleh kaum rapper. R.U.N DMC merupakan salah satu grup yang sering menggunakan topi jenis ini di setiap penampilannya. Bucket hat menjadi terkenal karena modelnya yang simpel dan bisa dilipat-lipat masuk ke dalam kantong celana. Kalo public figure cewek yang paling demen pake bucket hat rasanya sih mbak Rihanna.



Bucket Hat di Berbagai Negara


  1. Di Australia, topi ini mempunyai sebuatan yang sama seperti kita, Bucket Hat. Berbeda dengan Giggle Hat atau Boonie Hat yang biasanya dipakai oleh tentara Australia dan tukang kebun. Boonie Hat mirip dengan Bucket Hat, bedanya Boonie Hat memiliki tali.
  2. DI Israel, orang-oranng menyebutnya dengan Rafael Hat. Merujuk pada sorang politikus bernama Rafael Eitan yang gemar memakai topi tersebut.
  3. Di Swedia disebut sebagai Beppehatt.  Hal ini dikarenakan seorang seniman asal Swedia bernama Beppe Wolgers yang selalu memakai topi jenis ini, dan membuat populer di Swedia pada tahun 90-an.
  4. Orang-orang Rusia menyebutnya dengan Panamka.
  5. Di Inggris, mereka menyebutnya dengan Reni Hat setelah drummer band Stone Roses, Reni yang selalu menggunakan topi jenis ini, sehingga mudah dikenali.
  6. Di Afrika Selatan, dikenal dengan sebutan Ispoti dan sangat populer dikalangan anak muda.
  7. Di Amerika Serikat, topi jenis ini secara resmi digunakan oleh Angkatan Laut AS sebagai salah satu bagian seragamnya. Kadang disebut Dixie Cup Hat.

Berapa range harga bucket hat?

Bervariasi. Kalo di distro biasanya antara 80ribu sampai 300ribu.
Brand dari luar negeri paling 2x lipat dari harga distro lokal.
Yang KW punya (dijual di pasar ato distro khusus kw) biasanya ada yang 50ribu kebawah.
Tergantung kota tempat agan tinggal juga sih.

Dimana membeli bucket hat?

Bisa di distro, pasar, ato FJB terdekat. Atau gunakan jasa pembelian apapun via makelar kita bersama, poloskaos.com :p

Biasanya, model bucket hat 2015 ini kalo gak polosan, ya bermotif. Motif yang paling sering ditemui adalah motif floral, batik, dan army.



Thanks to WDZG
Back To Top