POLOSKAOS1

Kaos Polos, Sablon Satuan, dan Informasi Fashion, Kaos, Baju, Kemeja, Jaket, dan Tips Seputar Fashion dan Review tentang Lifestyle.

Monday, November 17, 2014

Bagaimana Cara Merawat Tas Berbahan Kulit Sintetis

Sebenarnya cara merawat tas berbahan kulit sintetis sebenarnya mudah tapi karena banyak yang mengabaikannya akhirnya tas mereka  menjadi cepat rusak.  Termasuk saya. Belum satu tahun, tapi messenger bag yang saya beli dari Inspired27 (sub-brand nya namanya IQUEEN :v) sudah mulai sedikit mengelupas di bagian bawahnya. Pelajaran buat saya, karena memang saya cuek banget huhu :( Karenanya poloskaos.com akan mencoba menuliskan tips tentang cara merawat tas kulit sintetis agar umurnya panjang / awet / tahan lama.

Sebelum kami menulis mengenai tips-tipsnya terlebih dahulu kamu perlu tahu bahwa hampir semua tas kulit sintetis biasanya tidak berumur panjang (kecuali tas kulit sintetis merk branded dengan kualitas grade AAA ke atas). Ya memang bagus sih leather goods itu. Tapi kayaknya next time saya nabung aja deh buat beli kulit asli...

Masalah yang biasa muncul antara lain:


Kulit tas mengelupas. Hal ini pasti terjadi pada 80% tas kulit sintetis walaupun hal tersebut tentunya bergantung pada kualitas bahan yang digunakan. Ada beberapa bahan yang awet ada juga yang cepat mengelupas (dalam hitungan bulan) karena pengaruh panas atau lembab (kondisi lingkungan).
Jahitan lepas karena memang biasanya tas kw dengan harga murah jahitannya pasti mudah putus (lho tapi punyaku gak kw :p). Masalah ini bisa diatasi dengan menjahit ulang tas anda dengan benang yang kuat di penjahit tas. Kalau saya sih, versi gobloknya dengan cara di jahit sendiri seadanya + dikasih lem :v

Seperti kata orang-orang bijak “lebih baik mencegah daripada mengobati”, maka sebelum masalah pada tas kamu muncul ada baiknya kamu melakukan tindakan pencegahan agar tas agan lebih awet dan kalaupun rusak – yang suatu saat pasti terjadi – paling tidak hal tersebut terjadi ketika tas agan sudah berumur tahunan. Terus beli lagi.

Berikut adalah beberapa tips yang sudah kami praktekkan secara pribadi dan berhasil.


  1. Hindari tas terlalu sering terpapar sinar matahari secara langsung terutama saat panas matahari sedang terik-teriknya.
  2. Simpan tas kamu di tempat yang tidak tidak lembab, Tempat yang lembab akan membuat bahan kulit sintetis rapuh sehingga cepat mengelupas. Selain itu tas juga akan cepat jamuran dan berbau apek. Jika kamu menyimpan di dalam lemari selalu gunakan produk/alat penyerap kelembapan di dalam lemari tas kamu.
  3. Angin-anginkan tas kamu di tempat teduh selama 1-2 jam, 1-2 kali dalam seminggu.

Ribet? Ya memang. Tapi ketahuilah bahwa semua barang memang perlu dirawat agar tidak cepat rusak. Even tas kulit asli pun perawatannya katanya juga lebih ribet...

bonus: iseng moto tas saya waktu nulis postingan ini :D sudah hampir setahun... dipake setiap hari, gak punya ganti #ngenes

thx wdzg dan insprd buat inspirasinya ^^
Back To Top