POLOSKAOS1

Kaos Polos, Sablon Satuan, dan Informasi Fashion, Kaos, Baju, Kemeja, Jaket, dan Tips Seputar Fashion dan Review tentang Lifestyle.

Friday, January 9, 2015

Hype Bulan Ini: Collarless Shirt (Kemeja Tanpa Kerah)

Yo, jumpa lagi di segmen hype bulan ini. Setelah apparel baseball, kini yang coba diulas adalah collarless shirt alias kemeja tanpa kerah. Karena prediksi hype apparel baseball akurat, ya saya coba bikin prediksi berikutnya, siapa tau akurat juga dan agan-agan bisa menyiapkan untuk menambahkan collarless shirt dalam koleksi baju agan!

Tentang Collarless Shirt

Collarless shirt atau kalo kata bule grandfather shirt / granddad shirt adalah (awalnya) baju lengan panjang berbahan flanel ataupun katun yang berasal dari Irlandia. Kayaknya sih, dinamakan grandfather shirt karena di jaman dulu -sampai sekarang- masih dipake oleh kakek-kakek. Katanya juga, sempat menjadi hype anak muda di tahun 90 an. Versi tradisional dari kemeja nya berwarna putih dengan strip vertikal warna warni. Versi collarless shirt yang cuttingnya lebih panjang, biasa digunakan untuk piyama/busana malam. Kebanyakan collarless shirt punya 4 kancing. Tapi itu dulu.

Collarless shirt juga dipake sama working-class men di Inggris Utara waktu jaman industrial. Selain flanel dan katun, collarless shirt juga dibuat dari bahan linen. Collarless shirt berbahan linen ini biasa dikombinasikan dengan celana panjang hitam dan sering dipakai untuk momen sakral seperti pernikahan, Sunday service, atau pemakaman.

Kepikiran gak sih setelah lihat bentuknya collarless shirt ini jadi ngira kalo ini mirip sama baju koko/baju muslim pria? Namanya tunik/kurta yang biasanya ada bordirannya dan 3-4 kancing. Tapi menurut saya sih beda, collarless shirt nya bule lebih keren aja gitu. Terlebih sekarang public figure (contoh: personil The Changcuters) memakainya. Gak mau ketinggalan kan? Buruan beli collarless shirt sekarang juga deh! Mau custom di POLOSKAOS juga boleh.

Collarless Shirt yang menurut saya Bagus & Keren

1. Collarless shirt ini keren karena kombinasi 2 warna yang minimalis.


 2. collarless shirt dipadu dengan panel shirt!


3. cutting nya bagus dan fit banget di badan, dimasukin celana jadi oke.


4. yang ini adalah detail zoom kerah/collar dari collarless shirt pada umumnya.


5. collarless bahan chambray dari levi's, kenapa tidak? keren bingits!


6. bodyfit collarless shirt dan bagian bawahnya yang aduhai...

7. tidakkah terpikat? saya sih iya, terutama sama cuttingnya yang ga biasa

8. mungkin ada yang bilang kalo ini mirip banget sama baju koko. ya, mungkin karena fit nya yang agak ngeganjel terutama di bagian cutting panjang lengan nya hehe

9. another denim!

10. lihat ga, seberapa keren collarless shirt nya, sampe garis tengah kemeja dan chino nya simetris?


11. kata teman saya (nyeletuk ke model nya) sih "mau shalat dimana mas?" karena mirip banget sama baju koko. Bagi saya sih nggak, soalnya cuff tangannya sama bagian bawah kemeja gak sama kayak baju koko.

Back To Top