POLOSKAOS1

Kaos Polos, Sablon Satuan, dan Informasi Fashion, Kaos, Baju, Kemeja, Jaket, dan Tips Seputar Fashion dan Review tentang Lifestyle.

Tuesday, March 24, 2015

Inspirasi Desain Baju Batik Modern (Terbaru, Keren, Gaul :p)

Tinggal di Indonesia atau tidak, sudah rahasia umum kalo batik adalah pakaian yang populer banget. Populer nya batik ini gak cuma di Indonesia doang, di luar negeri, batik juga sudah mulai mewabah. Ketika ada event nasional, pasti outfit nya gak jauh-jauh dari batik kan ya. Batik adalah simbol keberagaman. Sudah seperti seragam wajib. Bangga gitu.

Dulu, batik cuma dipake di suasana formal. Orang Indonesia lebih memilih memakai batik daripada tuxedo atau suit. Tapi sekarang sudah mulai banyak yang mengombinasikan tuxedo dengan batik, dan batik menjadi semakin memasyarakat karena pelajar dan karyawan juga memakai batik secara berkala.

Tapi ada masalah klise. Karena batik datang dari tradisi alias bersifat tradisional, gak jarang semakin maju nya zaman, batik mulai ditanggalkan karena desainnya kurang masa kini, kurang trendi, atau kurang modern. Gak juga sih, tergantung kalian beli batik dimana.

Batik itu ketika merk tidak terlalu berbicara, tapi motifnya yang berbicara banyak.

Menjadi tantangan tersendiri untuk para local brand nih. Ayo dong, bikin batik yang desainnya modern dan bagus cutting nya! Masak kalo bikin floral pattern sama army aja semangat, sedangkan batik nggak :D

Menurut kesoktahuan saya, desain baju batik yang modern itu harus:

1. Motifnya mudah diterima banyak kalangan masyarakat.

Gak norak kalo kata anak gahol jaman sekarang.


2. Cuttingnya bagus, entah slim fit atau regular fit gak begitu masalah asal proporsional. Biasanya, kelemahan baju batik adalah cuttingnya yang terlalu lebar dan kurang panjang kebawah serta lengan nya terlalu besar.


3. Bahannya nyaman. kan ada kain batik yang kasar begitu. nah, kebanyakan pada gak suka hehe.


4. Kalau pasarnya anak muda, desain nya harus fusion dengan budaya pop fashion. Jadi dicampur bahan dan lining nya. Misal, dipadukan dengan bahan suede atau denim.


5. Harganya pas. Range harga pas menurut saya antara 100-300ribu untuk satu potong baju.


Back To Top