POLOSKAOS1

Kaos Polos, Sablon Satuan, dan Informasi Fashion, Kaos, Baju, Kemeja, Jaket, dan Tips Seputar Fashion dan Review tentang Lifestyle.

Monday, February 16, 2015

Bagaimana Memulai Berbisnis Hijab/Jilbab?

Kenapa kali ini bahas peluang usaha bisnis jilbab? Ga kenapa-kenapa sih, tiba-tiba kepikiran wacana ekspansi bisnis jilbab bareng mbak sepupu saya. Akhirnya hanya jadi wacana, karena beliau belum ekspansi, nungguin saya, hehehe.

Tau gak sih, bisnis jilbab itu menguntungkan banget. Saya sempat iri sama mbak saya tadi.
Bisa dikatakan tanpa modal karena kalau ada pesanan baru ambil di supplier yang gak jauh dari rumahnya, foto produk sudah difotoin sama supplier dengan rapih (ada kode, nama produk, pilihan warna, model, dan fotonya profesional).

Keuntungan yang didapat pun bisa mengalahkan bakul kaos polos saya. Jualannya enak, ga perlu pusing ukuran S M L XL dsb karena ya jilbab itu satu ukuran. Yang jelas juga gak ada buyer cerewet soal bahan dan jahitan, karena ya memang begitu itu jilbab. Kalo ada yang komplain, paling karena barang yang dikirim tidak sesuai foto karena faktor pencahayaan dan faktor face. Belum lagi, katanya jualan jilbab itu sudah pasti barokah.

Masih gak kepengen jualan jilbab? Ya jualan sarung aja, atau baju panjang, ato kopyah.

Gaya Jilbab Praktis Hanya Dengan 1 Pentul


Saya mau bahas sedikit mengenai bisnis jilbab. Sedikit dulu, kalo banyak nanti bosen.

Peluang Usaha Jual Hijab Online


Busana muslim (terutama muslimah) telah menjadi sebuah bagian dari perkembangana industri fashion di Indonesia.  Dengan jumlah penganut Islam yang sangat besar, industri fashion busana muslimah telah tumbuh menjadi sebuah industri yang menjanjikan bagi para pelaku usaha. Selain menjadi produsen busana muslim dan muslimah, usaha jual beli hijab dapat juga dilakukan dengan menjadi distributor, supplier atau bahkan pedagang perorangan.

Mewujudkan Peluang Usaha Jual Hijab Online


“Peluang usaha jual hijab online sangat menjanjikan dan dapat diwujudkan menjadi bisnis yang menghasilkan selama dilakukan perencanaan dengan baik” -iWaralaba

Berikut beberapa langkah untuk memanfaatkan peluang usaha jual hijab online yang dapat dipertimbangkan:


  1. Amati Trend. Pengamatanterhadap trend yang sedang berlangsung atau trend yang akan datang sangat penting. Fashion sangat lekat dengan trend, sehingga ketinggalan trend akan sangat berbahaya bagi setiap bisnis fashion. Pengamatan yang baik terhadap trend ini akan sangat berpengaruh terhadap suksesnsya bisnis hijab anda. Saran saya: rajin nongkrong di Youtube atau situs brand premium untuk dibikin bajakannya versi murahnya, contohnya rabbani.
  2. Cari produsen. Temukan produsen yang dapat mendukung usaha anda dengan baik, yang memiliki produk yang berkualitas dan dapat memberikan dukungan produk secara kontinu dan jangka panjang. Sebagai penjual anda tentu butuh dukungan suplai produk yang kontinu dan memiliki kualitas yang baik serta sesuai dengan trend fashion yang ada atau sesuai dengan permintaan anda. Saran saya: sering jalan-jalan ke pasar.
  3. Media Pemasaran. Gunakan media pemasaran yang baik agar produk anda bisa terjual.  Saat ini pemasaran online dapat dilakukan dengan memanfaatkan website untuk jualan. Membangun website bisnis untuk berjualan hijab online sangat penting karena dengan website, calon pembeli akan dengan mudah memilih produk hijab dan memesan produk sesuai dengan minat pelanggan. Memiliki website sangat dianjurkan karena akan menambahkan tingkat kepercayaan pelanggan. Atau, gunakan portal jual beli. Berdasar pengamatan saya, yang paling "ampuh" buat dagang jilbab adalah Tokopedia. 
  4. Promosi Website. Melakukan promosi dengan menggunakan iklan atau memanfaatkan sosial media. Bisa juga anda memasarkan produk-produk anda melalui website marketplace yang ada di Indonesia. Biasanya target pasar produk fashion merupakan orang-orang yang sering melakukan aktivitas di social media. Media online yang tepat untuk pemasaran produk anda akan menentukan suksesnya bisnis hijab anda. Saran saya: Facebook Ads, Adwords
  5. Margin. Margin keuntungan harus disesuaikan, jangan margin yang terlalu besar akan membuat produk anda menjadi lebih mahal dibanding dengan produk pesaing anda. Perbedaan harga sekecil apapun terkadang menjadi pertimbangan para konsumen untuk melakukan pembelian. Apalagi kalo konsumennya emak-emak yang lagi ngirit pas akhir bulan.
  6. Event. Sepanjang tahun ada hari-hari tertentu yang dapat anda gunakan untuk melakukan promosi tertentu dengan memberikan diskon atau potongan harga yang menarik. Promosi dengan membuat event tertentu juga bisa dilakukan seperti membuat kuis berhadiah produk atau bahkan potongan harga serta hal menarik lainnya.

Udah deh, itu dulu. Lainnya bisa nyusul di kemudian hari :*
Kalo butuh konsultan mungkin bisa tinggalkan komentar dibawah:
Back To Top