POLOSKAOS1

Kaos Polos, Sablon Satuan, dan Informasi Fashion, Kaos, Baju, Kemeja, Jaket, dan Tips Seputar Fashion dan Review tentang Lifestyle.

Tuesday, November 4, 2014

Cotton Pima dan Cotton Supima, Apa Bedanya?

So-called premium local brands akhir-akhir ini rame-rame meluncurkan koleksi apparel (kebanyakan T-Shirt) yang menggunakan fabric / bahan cotton supima / cotton pima. Yang katanya katun paling bagus. Katun paling premium. Katun paling mahal. Dari USA. Nyaman. Enak. Fitting nya bagus. Lembut. Unik. Mewah. Istimewa. apa lagi ya. Saya agak sensi sih dari wave (su)pima ini, karena menurut saya katun paling bagus ya buatan Indonesia. Palingan, (su)pima ini pohon kapas nya di Indonesia trus dipintal di USA. I don't give a shit. Langsung saja, akan ada info / perbedaan / pengumuman / pembahasan / fakta menarik mengenai fabric yang satu ini.

Menurut agan culen, hati2 mengklaim material anda "supima". Bisa kesangkut masalah hukum nanti kalo ketauan pihak supima. Unless you know for sure that your fabric are made from "supima" authorized mill (bukan hanya kata vendor ato kata yg jual bahan aja).
FYI, "supima" dan pima itu berbeda. Supima merupakan high grade pima cotton. Pemakaian nama material ini gak bisa sembarangan, karena supima hanya diproduksi oleh mills yg telah lolos sertifikasi dari organisasi supima, dan memakai raw pima cotton high grade dari plantation yg juga ditunjuk supima. Di Indo memang ada beberpa mill yg qualified supima, namun MOQ nya jika tidak salah mencapai 100 Ton dan hanya dalam bentuk yarn saja.
So,kecuali kita yakin dan bisa membuktikan keaslian supima fabric tsb, mending pake nama 'pima cotton' aja. menghindari masalah yg lebih besar nantinya krn bs dituntut brand violences.



===
Tambahan fyi dari saya, luar negeri itu gak sama kayak Indonesia yang liberal atas pembajakan dan santai saja comat comot sana sini. Saya sih sudah merasakan DMCA dan hal-hal yang berkaitan dengan tuntutan hak cipta dan sejenisnya. Jadi, jangan bermain api.
Back To Top