POLOSKAOS1

Kaos Polos, Sablon Satuan, dan Informasi Fashion, Kaos, Baju, Kemeja, Jaket, dan Tips Seputar Fashion dan Review tentang Lifestyle.

Monday, October 20, 2014

Sablon/Print/Transfer Flocking

Suatu saat kami berjalan-jalan di suatu expo clothing line dan distro, tertarik pada satu kaos dengan gambar origami. Ketika kami menyentuh origami burung tersebut, terasa halus seperti beludru. Itulah flocking. Memang berbagai teknik digunakan untuk meningkatkan daya tarik suatu produk busana sehingga dapat menaikkan harga jual. Salah satunya adalah flocking.

Sebagai suatu teknik, flocking dapat diterapkan pada beberapa media misalnya kertas tebal untuk memperindah kartu ucapan, pakaian jadi dan lainnya. Teknik ini sudah dikenal lama dan dapat dikerjakan sebagai karya kerajinan secara manual.

Untuka mmebuat produk masal, agan memerlukan peralatan khusus untuk menerapkan aplikasi ini, tidak hanya ditabur diatas permukaan pakaian saja, seperti glitter. Lebih jelasnya…. Ini berguna sekali terutama untuk agan yang ingin DIY flocking.
  1.  Bentangkan kain yang akan agan flocking diatas permukaan yang rata.
  2.  Cetak dengan menggunakan bingkai screen printing yang sudah agan persiapkan sebelumnya sesuai gambar yang dikehendaki. Cetak tanpa menggunakan tinta tetapi menggunakan lem atau flocking additive sehingga gambarnya pun terbentuk.
  3. Taburkan serbuk flocking diatas bagian gambar yang sudah tercetak sebelumnya, dan bersihkan sisa-sisa serbuk yang jatuh diluar gambar/lem.
  4. Keringkan sehingga serbuk flocking menyatu dengan kain agan dan gambar indahpun terbentuk!



Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam proses flocking ini:
  1. Ketebalan lem, bila diaplikasikan terlalu tebal tidak mudah kering dan lem akan “memakan” serbuk flocking.
  2. Pengaturan suhu pengeringan lem pada mesin pengering dengan tepat, karena bila terlalu panas akan kering dan flocking menjadi keras/kaku. Demikian sebaliknya kalau kurang panas/kering, flocking akan mudah rontok atau terkelupas pada saat dicuci karena belum terjadi senyawa yang baik antara lem dengan flocking.


Proses Flocking


Dalam proses flocking di pabrik untuk produk massal, penggunaan serbuk pasti juga banyak, maka perlu diperhatikan persyaratan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) yaitu cegah serbuk terhirup ketika bekerja karena akan mengganggu kesehatan. Untuk itu perlu penggunaan APD (Alat Pelindung Diri) dengan menggunakan masker yang sesuai dan sebaiknya dipasang exhaust fan untuk menghisap sisa-sisa serbuk yang beterbangan dalam ruangan produksi.

Alternative lain penaburan serbuk adalah penggunaan mesin flocking portable dimana serbuk flocking ditempatkan dalam container atau wadah yang mempunyai tutup dan dapat digeser di meja panjang mengikuti alur proses screen printing lem.

Perhitungan Ekonomis Flocking


Jumlah presentase serbuk flocking yang beterbangan terbuang (wasted) pasti akan memengaruhi biaya produksi dan harga jualpun menjadi lebih mahal. Untuk menekan biaya, ada alternatif teknik lain yaitu flocking transfer. Teknik ini adalah proses memindahkan flocking yang sudah dicetak sebelumnya diatas kertas transfer (pre printed) kemudian gambar flocking yang terbalik tadi dipindahkan keatas kain dengan menggunakan mesin press panas. Proses ini pasti lebih mudah dan murah, namun ada keterbatasan antara lain: hanya satu warna atau sedikit warna, motif gambar terbatas sesuai desain pabrik pembuatnya missal gambar harimau, dan kurang terasa kesan beludru di jari dan yang terakhir kurang tahan cuci.

Tapi itu dulu. Sekarang sudah banyak merk flocking transfer yang memenuhi permintaan pasar untuk tidak memiliki kekurangan seperti diatas. Jadi nantinya flocking bisa dicut menggunakan mesin cutting dan gambar dapat sesuai selera dan dikombinasikan dengan banyak warna lain, seperti yang biasanya Thanks Blacksmith lakukan. Tidak begitu mahal kok, tanpa minimum kuota, dan eksklusif hasilnya.

Pengerjaan flocking khusus, missal pembuatan logo perusahaan dengan beberapa warna flocking dan persyaratan daya tahan cuci yang tinggi, akan menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Silakan ambil order ini, asal agan mampu memenuhi persyaratan dari perusahaan pemesan. Sebagai pemula, agan jangan bertanya pada perusahaan lain bagaimana cara mengerjakannya, karena pasti mereka tidak akan memberitahukan dan sangat merahasiakannya :p


Tertarik untuk memesan kaos / jaket / apparel lain menggunakan flocking? Silakan langsung kontak kami J trimss
Back To Top