POLOSKAOS1

Kaos Polos, Sablon Satuan, dan Informasi Fashion, Kaos, Baju, Kemeja, Jaket, dan Tips Seputar Fashion dan Review tentang Lifestyle.

Monday, January 19, 2015

Duh, Ada yang Jualan Kaos Desain Suicidal Note-nya Kurt Cobain!

Beberapa hari ini jagat maya (terutama netizen luar ya, kalo indo ga tau lagi) gempar dengan munculnya worst t-shirt 2015. Yaitu kaos dengan desain suicidal note (catatan akhir bunuh diri) milik Kurt Cobain yang diprint di depan kaos. Duh.

Kenapa duh? Kan bodo amat gitu kali ya. Ya gimana ya, ada oknum penjual yang rela melakukan kapitalisasi diatas tragedi dan derita orang lain, meski beliau sudah tiada.

Kaos yang awalnya dibuat untuk menonjolkan sisi seksi ini dijual di Etsy walaupun lapak Etsy nya seseorang tersebut udah ditutup gara-gara investigasi dari para Redditor. Tapi, ternyata ada lapak sejenis dengan desain yang sama -yang kabarnya lebih keren- di eBay dengan harga $25.19.



Ada lebih dari satu penjual yang ngelapak dengan desain yang sama ini bikin memunculkan pertanyaan apa ada klub cepat kaya dengan cara sadis yang menyarankan bahwa cari uang seperti ini itu sah-sah saja, atau penjual-penjual tadi gak sengaja punya ide immoral yang sama?

Well, masalah utamanya bukan di suicidal note nya mas frontman nya Nirvana ini yang kesebar di publik (toh ssebelumnya sudah dicetak di buku-buku dan biografi tentang Cobain), tapi ya emang diluar konteks dan menurut banyak orang kalo cara cari uang nya terlalu ekstrim dan tidak memperhatikan perasaan orang lain.



National Suicide Prevention Lifeline adalah organisasi yang paling kontra terhadap kejadian ini. Kepergian Cobain harusnya menjadi pembelajaran bagi orang-orang yang mengalami kemiripan dengan Cobain untuk bangkit, dan menginspirasi mereka untuk mencari bantuan. Sakitnya bunuh diri itu mengubah hidup dan pastinya bukan buat gaya-gayaan alias fashion statement.

Buat para pengusaha fashion, jangan ditiru ya yang begini. Kalo mau bikin kaos kurt cobain, pake desain lain aja, lebih bagus kalo original.
Back To Top