-->

POLOSKAOS1

Kaos Polos, Sablon Satuan, dan Informasi Fashion, Kaos, Baju, Kemeja, Jaket, dan Tips Seputar Fashion dan Review tentang Lifestyle.

Wednesday, October 1, 2014

(Calon) Pembeli Bukan Raja, tapi HULK!

Beberapa hari terakhir saya (sebagai penanggung jawab pelayanan) sedang dibuat pusing. Bahwa menjadi penjual (terutama penjual online) ribuan kali lipat lebih susah daripada menjadi pembeli. Ini karena kita menjumpai berbagai macam tipe orang yang tidak bertatap muka, dimana biasanya sifat aslinya juga tidak bisa ditebak. Menanggapi calon pembeli bertanya macam-macam juga sudah biasa, makanan sehari-hari lah. Cuma, kemarin (30 September) berbeda suasananya. Curhat nih ye.

Ada istilah pembeli adalah raja. Jadi harus dilayani dengan merendahkan diri serendah-rendahnya. Cacian sang raja juga tidak boleh dibalas. Cacian yang paling sering masuk ke handphone saya sih paling banyak yang berbau begini:

  1. Kok lemot sih balesnya?
  2. Seller sok sibuk nih
  3. Kok jawabnya seadanya?
  4. Jutek banget
  5. Jualan kok pake perasaan, dikit-dikit tersinggung, dikit-dikit klarifikasi
  6. Ngejelasin apa ngedongeng sih?
  7. Website kok isinya curhat melulu

Maunya sih ngasih klarifikasi lagi, tapi gak jadi, nanti malah tambah banyak cacian yang masuk hehehe. Saya belajar terima saja lah. Tapi saya pengen ngebahas satu poin saja yaaa... yakni statemen nomor 5. Mungkin kami harus nge-hire customer service laki-laki ya, kan pembeli kami kebanyakan laki-laki atau pria atau kaum adam. Stereotip laki-laki terhadap perempuan adalah apa-apa selalu dikaitkan dengan perasaan, sedangkan laki-laki menggunakan logika. Saya pribadi sih ndak mudeng dengan logika yang dimaksud disini apaan, dalam konteks melayani pembeli. Coba saya bedah sedikit deh pengalaman saya menjadi pembeli dan si penjual adalah laki-laki, dan mungkin juga cara mereka melayani akan saya ikuti. Dalam bentuk conversation ajalah..

P penjual, S saya
S : Misi gan, ane mau beli kaos polos combed 40s warna hitam size L 2 pcs. Bungkus sampe Malang total berapa gan? Skalian noreknya ya
P : nama alamat no hp
S : *ngasih data2 dulu*
P : pesenannya apa
S : *ngirim ulang data2 + pesanan di sms pertama*
P : 104rb bca 3446578913 hulk susanto
S : boleh goyang gak gan jadi 100rb biar enak trf nya?
P : nett mas
S : oke, udah transfer sila dicek :)
P : atas nama sapa
S : atas nama wong gendeng
P : ok

Saya sih belum mengetes seller laki-laki untuk ngajak ngobrol / tanya-tanya pertanyaan gak penting dan ngelihat responnya gimana, pengen saya tiru, toh itu yang diinginkan Hulk kan? Daripada saya dibunuh nanti.. :)
Back To Top