POLOSKAOS1

Kaos Polos, Sablon Satuan, dan Informasi Fashion, Kaos, Baju, Kemeja, Jaket, dan Tips Seputar Fashion dan Review tentang Lifestyle.

Sunday, September 14, 2014

Asal Usul Nama & Logo Thanks Blacksmith

Sebenernya ini mau dimasukin About, tapi kok takut kepanjangan. Yaudah gausah deh :v
Ada beberapa pertanyaan yang masuk inbox kami dan kami memutuskan membuat press conference via artikel ini :v pertanyaannya sama "Kenapa harus Thanks Blacksmith?"

Alasannya sih karena CEO-nya labil dan masih dalam proses pencarian jati diri, jadi namanya berubah-ubah berulang kali.


  1. Awal 2009 sampai 2011 memakai nama Distrography. Bagus sih sebenarnya nama ini, penuh filosofi. Tapi gak tau kok ya diganti, mungkin setelah CEO-nya sadar kalau usaha yang ditekuni nya ini adalah clothing line, bukan distro. Beda lho. Apa beda distro dengan clothing line? Mungkin akan kami bahas lain waktu.
  2. Selanjutnya memakai nama GinzaTalks! Nama ini dipilih karena merupakan gabungan dari nama si CEO dan kata Talks yang melambangkan kalau produk yang kami buat itu bisa menyampaikan pesan tertentu sesuai yang diinginkan pemakainya gitu. Harah.
  3. Saat menggarap Pre Order kaos KW #ups nama clothing line berubah menjadi LFRZ. 4 huruf itu adalah akronim dari username kaskus yang kami gunakan untuk berdagang. LFRZ hanya bertahan selama 1 project kaos KW tadi. Padahal bagus-bagus ya nama sebelumnya, kok ya gonta-ganti.
  4. Eh maaf, sebelum GinzaTalks! ada yang namanya QWERTY. Nah, filosofinya adalah produk yang kami buat lebih banyak berkutat di tipografi, dan qwerty sendiri adalah huruf-huruf utama dalam keyboard, jadi dianggap mewakili identitas gitu deh. Nama ini bertahan cukup lama, sampai brandingnya juga lumayan sip, dengan membuat stiker, packaging, hangtag, woven label, dan sebagainya.
  5. Setelah dirasa tidak sesuai dengan misi usaha yang lebih fokus di tipografi, QWERTY berubah menjadi GinzaTalks! tapi hanya bertahan sebentar. Setelah itu vakum.
  6. Setelah vakum, berusaha keras rebranding lagi dengan nama TKSBLH. Banyak banget versinya untuk akronim ini. Ada yang tokosebel,ah! , tokosebelah, TK sebelah, tekesebelehe, dan macem-macem deh. Sampe dibully teman-teman juga wkwk. Maksud aslinya sih memang tokosebelah. Cuman, pada kenyataannya kok jadi menimbulkan konotasi negatif. Dari yang awalnya punya misi menampung orang-orang yang berkata "coba cari di toko sebelah!" menjadi bahan bullyan orang-orang yang bilang "silakan diadu dengan barang toko sebelah" "kualitas bagus, ga kaya toko sebelah"
  7. NAH. Sampailah kita di penghujung acara. Karena (lagi-lagi) sudah terlanjur branding macam-macam soal TKSBLH itu, kami bertapa cukup lama untuk mencari kepanjangan dari TKSBLH yang bukan tokosebelah. Yang positif. Dan tahan lama, gak ganti-ganti lagi. Akhirnya kepikiran Thanks Blacksmith. Dalam bahasa Indonesia, blacksmith berarti pandai besi. Kenapa sih kita harus berterimakasih pada pandai besi? Kenapa? Karena menurut kami pandai besi itu profesi yang underrated banget padahal jasa nya lumayan besar. Nempa pedang, pisau, keris, dsb. Kalo ga ada mereka, pasti isi buku sejarah-nya beda. Trus di game-game RPG kayak DoTA juga gak pake pedang dong nanti. Kata Thanks juga bertujuan mengingatkan kita semua, jangan lupa berterima kasih. Untuk semuanya. Terutama yang underrated dalam hidup kita. 
Logo ini simpel kok. Walaupun banyak hidden meaning di dalamnya dan bisa menyebabkan #cocoklogi, tapi salah satu maknanya adalah lingkaran yang terbentuk dari 2 huruf S itu menggambarkan kalo tulang punggung Thanks Blacksmith ini ada 2 orang. Bisa jadi 12 orang, 20 orang, 200 orang, 20000000 orang. Aamiin.


Bonus
Jadi kepikiran bagi-bagi apparel untuk para pandai besi yang masih tersisa. Ada yang mau donasi?

============

Trus kenapa jurnal ini poloskaos.com ? bukan tksblh.com atau thanksblacksmith.com ?
Karena.... mau ngeksis di google :v biar SEO nya kedongkrak juga karena Keyword on Domain :p
#jujurbanget

Masya Allah. Banyak banget ya. Bagi yang lagi merintis clothing line, jangan ganti-ganti nama ya. Gak enak. Bertahan aja walaupun desakan untuk perubahan jati diri semakin besar. okesip.
Back To Top