-->

POLOSKAOS1

Kaos Polos, Sablon Satuan, dan Informasi Fashion, Kaos, Baju, Kemeja, Jaket, dan Tips Seputar Fashion dan Review tentang Lifestyle.

Saturday, October 18, 2014

Hype Bulan Ini: Baseball Jersey & Baseball T-Shirt

Merchandise / apparel berbau baseball kembali menginvasi fashion dunia, terutama Indonesia. Setelah raglan yang ngetren beberapa tahun terakhir, kini ada baseball jersey & baseball t-shirt. Seperti apa sih 2 fashion item ini? Yuk kita bedah masing-masing.

Baseball Jersey


Baseball jersey sebenarnya sudah terkenal dan menjadi hype di jagat raya (terutama Amerika Serikat yang memang penduduknya gandrung baseball) sejak dulu. Karena memang ada pepatah bahwa fashion adalah siklus yang terus berputar, ya makanya akhir-akhir ini menjadi hype lagi. Public figure seperti Rihanna, Chris Brown sering sekali tertangkap kamera sedang menggunakan baseball jersey. Seperti apa sih penampakan baseball jersey ini?

Baseball jersey pada umumnya memiliki potongan regular fit, bahkan cenderung loose fit. Jadi gedomboran gitu. Kemudian biasanya dilengkapi dengan kancing di depan, dari atas sampai bawah dan sepasang list di daerah sekitar kancing. Setelah itu dilengkapi dengan logo/brand di dada dan beberapa patch di lengan, dan seperti jersey pada umumnya, nama dan nomor (nameset) di bagian belakang jersey. Oh ya, jangan lupakan juga garis-garis vertikal tipis di sepanjang jersey (tapi yang ini optional sih). Bagi yang mau berjualan jersey baseball grade ori (masa cuma jersey bola aja yang ada grade ori nya) sepertinya peluang masih terbuka lebar.




Soal bahan dan sablon yang digunakan saya masih belum terlalu paham. Karena memang kurang suka dengan fashion item yang satu ini, yang pasti berbahan dasar polyester yah. Jadi panas. Malang akhir-akhir ini macet banget dan panas banget, jadinya ya pake jersey (walaupun itu drifit sekalipun) bukan pilihan yang baik. Loh kok malah ngelantur. Berdasarkan pengalaman kami membuat custom jersey baseball satuan tanpa minimum order dan kuota, bahan yang digunakan biasanya cotton combed yang paling tebal (20s). Kalau tidak begitu ya drifit. Ada juga yang nekat menggunakan bahan untuk jaket seperti fleece dan baby terry. Kami sendiri gak punya baseball jersey asli yang diproduksi oleh brand-brand sport sih, jadi belum tahu pakem untuk bahan jersey ini seperti apa.

Untuk logo/brand nya biasanya menggunakan sablon rubber, timbul (foaming), beludru (flocking/velvet), atau polyflex. Harga yang kami patok untuk jersey baseball ini sekitar 150ribu rupiah, tapi kami selektif soal design nya karena emang bikinnya ribet banget. Dan lama.

Tapi menurut saya sih, masalahnya disini. Kalau saya mengamati, orang yang pakai (atau demen pakai barang distro) ya cuma pakai. Antusiasme terhadap baseball masih sangat rendah. Sekarang, kenapa kalian pengen custom baseball jersey satuan? Apa karena memang ngefans pada suatu klub tertentu, negara tertentu, atau cuma ikut-ikutan trend? Yaa bukan apa-apa sih, saya jarang sekali melihat pertandingan baseball disiarkan di televisi (yang bukan tv kabel), kecuali saat event Asian Games kemarin, dan anak-anak muda yang bermain baseball di lapangan. Antusiasme terbesar sih masih sepakbola. Tapi bagaimanapun itu adalah pilihan kalian mau berdandan seperti apa. Way to go, guys!

Baseball T-Shirt


Baseball T-Shirt sendiri ada banyak macamnya. Tapi yang lagi ngetrend belakangan ini adalah yang jenis kaos gedomboran dengan bahan combed yang paling tebal (sepertinya memang outfit berbau baseball demen sama yang tebal-tebal biar terkesan kaku dan gedombrongannya lebih dapet). Biar lebih praktis, kami bikin list aja yah biar mungkin bacanya juga lebih enak. Tapi list ini gak mengikat kalau baseball t-shirt itu modelnya harus kayak begini. Buat inspirasi aja, dan ini ulasan.

  1. Biasanya lengan panjang. Dikasih rib juga di lengan.
  2. Menggunakan font baseball macam "Athletic" gitu.
  3. Ada juga yang lengan pendek.
  4. Regular fit dan cenderung loose fit.
  5. Ada 2 strip/list di bagian lengan.
  6. Ada juga yang ditambahin 2 strip/list di bagian bawah t-shirt/kaos.
  7. Lebar strip berkisar antara 1,5 cm - 4 cm (untuk satu strip ya).
  8. Warna paling mainstream adalah hitam dengan strip putih dan sablon yang juga putih.
Harga untuk custom satuan baseball t-shirt ini sekitar 100rb keatas. Mahal? Bikin sendiri aja biar murah :p







Itu tadi adalah ulasan kami mengenai hype bulan ini: baseball jersey & baseball t-shirt. Yang mana pilihanmu?
Back To Top